Pengertian Telnet Pada Jaringan Komputer

Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, yaitu > Panduan Pemrograman Pemula.

Pada Tutorial Jaringan Komputer kali ini akan kita bahas mengenai Telnet. Bagi anda yang ingin configure sebuah jaringan alagkah baiknya anda mengetahui apa Itu Telnet???

Telnet adalah singkatan dari Telecommunications Network Protocol, merupakan remote login yang terjadi pada jaringan internet disebabkan karena adanya service dari protocol Telnet. Dengan adanya Telnet dapat memungkinkan pengguna dapat mengakses komputer lain secara remote melalui jaringan komputer.


 Telnet digunakan untuk melakukan login ke komputer lain yang ada di jaringan internet dan dapat melakukan akses pada pelayanan umum, termasuk pada berbagai macam database. Penggunanya dapat duduk saja di depan komputer yang terhubung ke jaringan internet. Dengan kata lain dapat terkoneksi ke komputer lain dalam satu gedung, satu ruangan atau bahkan pada komputer di seluruh penjuru dunia. Setelah terhubung atau terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard dapat secara langsung mengontrol ke remote komputer tadi, dapat diakses pelayanan apa saja yang telah disediakan oleh remote machine dan hasilnya akan ditampilkan pada terminal lokal. Dengan menggunakan Telnet, pengguna dapat mengakses berbagai layanan misalnya seperti melihat katalog perpustakaan dan masih banyak lagi layanan yang lainnya.




Jika anda sebagai Netwirk Engineer, Telnet sering digunakan untuk mengkonfigur Swicth maupun Router jarak jauh, sehingga anda tidak perlu datang langsung keperangkat, melainkan dengan Remote. Biasanya banyak yang menggunakan Aplikasi Putty untuk mengkonfigure dengan Telnet.

Pada penggunaannya Telnet memakai 2 (dua) program yaitu pada client dan server. Program pada client digunakan untuk meminta layanan pada server, sedangkan program yang terdapat pada server akan memberikan layanan yang diminta oleh client.

Fungsi utama Telnet (Telecommunications network protocol)
Singkatnya fungsi utama pada Telnet adalah untuk dapat mengakses komputer dari jarak jauh. Karena Telnet dapat memungkinkan komputer penggunanya menjadi terminal dari komputer yang lain di jaringan internet. Dan Telnet memungkinkan penggunanya dapat melakukan login sebagai pemakai komputer jarak jauh dan menjalankan program komputer layanan yang terdapat pada komputer tersebut. Itulah fungsi utama dari Telnet.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan Telnet (Telecommunications network protocol)

1.    Kelebihan Telnet
Adapun kelebihan jika menggunakan telnet server adalah user interface yang cukup ramah, maksudnya pengguna dapat memberikan perintah dari jarak jauh (remote) jadi seolah-olah penggunanya mengeksekusi perintah pada command line pada komputer.

2.    Kekurangan Telnet
Dimana ada kelebihan selalu ada kekurangan, adapun kekurangan dari Telnet yaitu pengguna NTLM authentication tanpa adanya enkripsi sehingga dapat memudahkan pencurian password yang dilakukan oleh sniffers, jika kita administrator sistem maka disarankan untuk menggunakan SSH pada Linux daripada Telnet Server untuk mengkonfigurasikan sistem kita.

Demikian pengertian Telnet dan jika terdapat kesalahan pada pebahasan ini mohon untuk diperbaiki oleh kamu sendiri. Kalau memang tulisan atau pembahasan ini memiliki manfaat apa salahnya untuk menyebarkan atau men-sharenya ke sahabat-sahabat yang lainnya…

Selain sebagai media informasi pemrograman, kami juga berbagi artikel terkait tips trik Android.

Post a Comment

0 Comments