3 Tips Puasa Lancar Ketika Melewatkan Sahur

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat pusing saat puasa

DokterSehat.Com– Dalam menjalankan ibadah puasa, ada sebuah aktivitas yang bernama sahur. Sahur sendiri merupakan aktivitas makan dan minum yang dilakukan pada dini hari. Tujuan dari sahur ini sendiri adalah sebagai persiapan agar puasa yang dilakukan seharian penuh berjalan lancar. Walau tidak wajib, sahur sangat disarankan bagi setiap yang berpuasa untuk kebaikannya sendiri.

Namun, walau sangat baik dan bermanfaat, tidak sedikit orang yang melewatkan sahur karena beberapa alasan. Salah satu alasan yang sering membuat orang melewatkan sahur adalah ketiduran. Ya, hal tersebut adalah wajar sebab sahur sendiri dilakukan pada dini hari sebelum waktu subuh.

Tapi, tidak sahur bukanlah menjadi penghalang untuk berpuasa. Pasalnya, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar aktivitas puasa tetap berjalan lancar meskipun tidak sahur. Apa saja tips tersebut? Berikut diantaranya:

1. Jangan Terlalu Aktif

Ketika Anda bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari, usahakan untuk tidak terlalu aktif dalam hal apapun, baik berbicara maupun bergerak. Mengingat Anda tidak sahur, otomatis cadangan makanan yang Anda miliki cukup terbatas. Untuk menghematnya, Anda harus membatasi pergerakan untuk tidak terlalu aktif, tapi sewajarnya saja.

2. Istirahat Siang

Sesibuk apapun aktivitas Anda di kantor, usahakan untuk meluangkan waktu istirahat siang untuk tidur sejenak. Sebab, dengan tidur, tubuh Anda akan merasa rileks beberapa waktu. Selain tubuh, otak pun akan menjadi lebih segar sehingga membuat Anda bisa menjalankan puasa dengan lancar walaupun tidak sahur.

3. Jaga Mood dan Emosional

Selain dari faktor luar, menjaga diri dari faktro internal pun diperlukan ketika puasa, terlebih bagi Anda yang melewatkan sahur. Usahakan untuk tetap menjaga mood baik dengan berbagai cara, misalnya mendengarkan musik, membaca, atau menulis. Selain itu, jaga emosional dengan menghindari hal-hal yang berbau negatif yang bisa menimbulkan emosi. Sebab, ketika emosi, tubuh akan mengeluarkan energi lebih banyak, akibatnya Anda akan menjadi tambah lapar dan lemas.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments