4 Kiat Mencegah Cedera Saat Melakukan Olahraga

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-kiat-agar-tidak-cidera
photo credit : pexels,com

DokterSehat.Com– Olahraga adalah sebuah aktivitas melatih tubuh yang dilakukan untuk mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani. Olahraga sangat penting, oleh karenanya setiap orang disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari.  Ada banyak jenis olahraga yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Namun, walau sangat baik bagi kesehatan fisik dan mental, tidak sedikit pula orang yang malas berolahraga dengan berbagai alasan. Salah satu alasan yang sering digunakan adalah karena takut serta trauma akan cedera. Rasa takut dan trauma tersebut membuat begitu banyak orang menjadi enggan untuk kembali berolahraga.

Padahal, dengan memutuskan berhenti berolahraga, justru membuat tubuh menjadi lebih lemah dan mudah terserang penyakit yang lebih bahaya daripada hanya sekedar cedera. Nah, untuk mengantisipasi kejadian tersebut, ada baiknya Anda melakukan beberapa kiat mencegah terjadinya cedera berikut ini:

1. Lakukan Pemanasan

Sebelum berolahraga, sangat disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Apapun jenis olahraganya, pemanasan sangatlah penting. Sebab, dengan pemanasan, tubuh akan siap untuk diajak bergerak. Sebab, sudah banyak kasus terjadi, orang yang tiba-tiba olahraga tanpa pemanasan biasanya mengalami kram atau cedera otot yang menjadikannya tidak bisa beraktivitas.

2. Olahraga Secukupnya

Olahraga memang sangat penting, tapi walaupun penting bukan berarti Anda harus melakukannya secara berlebihan. Anda hanya perlu rutin, walau waktunya singkat. Jangan pernah memforsir tenaga Anda dalam sekali latihan sebab akan meningkatkan risiko terjadinya cedera otot. Jika sudah cedera, maka Anda tidak akan bisa melakukan aktivitas dengan lancar dalam beberapa waktu sampai cedera itu sembuh.

3. Dibimbing

Ada beberapa jenis olahraga yang memang tidak bisa dilakukan seorang diri, tapi perlu pembimbing. Misalnya olahraga angkat beban. Dalam olahraga ini, Anda harus ditemani oleh pembimbing, sebab jika tidak maka risiko terjadinya cedera tidak bisa Anda hindari. Selain menghindari cedera, latihan dengan dibimbing juga bisa membuat hasilnya menjadi lebih maksimal.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments