5 Camilan Sehat untuk Pengganjal Perut Saat Berbuka Puasa

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat camilan sehat saat berbuka puasa

DokterSehat.Com – Semua orang memiliki kesibukan sendiri-sendiri. Ada yang saat sore sudah lowong sehingga bisa mempersiapkan buka puasa bersama dengan keluarga. Selanjutnya ada yang saat berbuka puasa masih di jalanan sehingga tidak bisa langsung buka puasa dengan baik atau makan besar yang akan mengenyangkan perut.

Nah, agar buka puasa tetap berjalan dengan lancar dan tubuh segera diisi dengan energi, Anda disarankan untuk ngemil dulu. Ganjal perut dengan makanan tertentu yang sehat dan bisa bertahan cukup lama sampai akhirnya tiba di rumah. Berikut lima camilan sehat untuk pengganjal perut kalau Anda belum sempat berbuka puasa.

  1. Kurma

Camilan pertama yang bisa dibawa ke mana saja dan mudah dikonsumsi adalah kurma. Buah kering yang berasal dari kawasan Timur Tengah ini memiliki rasa manis yang cukup kuat. Rasa manis ini akan memberikan energi cukup banyak pada tubuh secara singkat. Energi ini bisa Anda gunakan untuk bertahan sebelum sampai rumah.

Idealnya Anda mengonsumsi kurma sebanyak satu takaran atau 3-4 butir. Satu takaran ini mengandung 19 gram gula. Kalau Anda masih merasa lapar, boleh dikonsumsi lagi satu takaran sehingga tubuh bisa memperolah 156 kkal atau satu per empat porsi makan.

Kalau Anda sering bepergian, bawa selalu kurma di dalam tas dan air putih. Kalau saat waktu berbuka tiba, segera makan untuk camilan sehat.

  1. Pisang atau Apel

Karena berada di jalan tidak memungkinkan Anda membawa buah seperti semangka atau mungkin avokad, apel dan pisang bisa jadi solusi. Anda bisa membawa buah itu di dalam tas dan dikonsumsi saat waktu berbuka puasa tiba. Bawalah 1-2 porsi buah yang akan membuat Anda kenyang lebih cepat dan mampu bertahan hingga sampai rumah.

Pisang dipilih karena mengandung karbohidrat yang cukup banyak. Mengonsumsi 1-2 batang pisang akan membuat Anda cukup kenyang untuk sementara waktu. Sementara itu apel baik dikonsumsi karena mengandung cukup banyak air, vitamin C, dan serat yang baik untuk pencernaan dan mengurangi sembelit.

  1. Kacang-kacangan

Aneka kacang-kacangan baik untuk mengganjal perut sementara sebelum berlanjut ke makam besar. Kacang yang bisa dipilih berjenis kacang tanah, almond, kacang mede, kedelai, dan jenis kacang lain yang diolah menjadi camilan sehat dan bisa dibawa ke mana saja dengan mudah.

Kacang memang mengandung lemak, tapi lemak yang dikandung termasuk lemak sehat. Asal kita mengonsumsinya kacang-kacangan dengan porsi yang tepat, tidak akan ada tambahan lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

  1. Snack sehat

Di minimarket atau toko kelontong ada cukup banyak snack sehat yang bisa dijadikan alternatif berbuka puasa. Snack sehat itu biasanya berupa makanan dengan kandungan protein seimbang, gula sedang, dan lemak rendah. Anda bisa mengonsumsi protein bar atau jenis makanan ringan lain yang aman dan tidak memberikan efek samping.

  1. Cokelat

Salah satu makanan sehat yang bisa digunakan untuk ganjalan perut kalau Anda tidak sempat berbuka puasa. Cokelat yang bisa dipilih adalah cokelat yang tidak terlalu manis. Artinya kandungan gulanya tidak terlalu banyak. Kalau bisa cokelatnya yang sedikit pahit karena kandungan lemak nabatinya cukup tinggi.

Anda bisa mengonsumsi cokelat sebanyak 1-2 porsi saja untuk mengganjal perut. Kalau terlalu banyak Anda akan kekenyangan dan saat sampai rumah malah tidak makan lagi sementara tubuh masih butuh protein dan karbohidrat.

Dari lima jenis camilan sehat di atas, mana yang menjadi kesukaan Anda ketika berada di jalanan?



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments