Awas, Makanan ini Bisa Sebabkan Gas Lambung Meningkat

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-sakit-perut-mual

DokterSehat.Com– Ketika sedang puasa, setiap orang diwajibkan untuk menahan makan dan minum seharian penuh. Puasa adalah sebuah aktivitas baik dan bermanfaat jika dilakukan dengan benar. Misalnya melakukan sahur dan buka puasa dengan menu yang sehat. Namun, ketika Anda makan sahur atau buka dengan makanan tak sehat, maka bisa mendatangkan masalah kesehatan, salah satunya asam lambung.

Jika lambung bermasalah, maka seluruh sistem pencernaan tidak akan berfungsi dengan baik dan tentunya fisik Anda menjadi terganggu. Akibatnya, puasa tidak bisa berjalan lancar. Nah, untuk mengantisipasinya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa memicu produksi gas berlebih pada lambung, diantaranya:

1. Gula dan Pati

Tubuh membutuhkan gula untuk mendapatkan energi yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Namun, ada dampak buruk yang akan terjadi jika mengonsumdi gula secara berlebihan, yakni munculnya risiko penyakit diabetes dan obesitas. Selain itu, jika gula dan pati dikonsumsi secara bersamaan, maka akan menimbulkan proses fermentasi yang menyebabkan perut menjadi kembung.

2. Olahan Susu

Susu adalah sumber nutirisi untuk tubuh dan tulang. Susu juga bisa diolah menjadi berbagai macam produk olahan. Tapi, produk olahan susu ini membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Sama halnya dengan gula dan pati yang dikonsumsi bersamaan akan memicu produksi gas berlebih pada lambung,  produk olahan susu yang dikonsumsi bersamaan dengan pati juga akan memperlambat peroses pencernaan, sehingga terjadi produksi asam yang berlebih.

3. Daging dan Kentang

Kedua makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Daging mengandung protein sedangan kentang mengandung karbohidrat yang lebih baik dari nasi. Namun siapa sangka jika mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut secara bersamaan akan menimbulkan gangguan kesehatan terutama pada pencernaan. Mengonsumsi daging dan kentang secara bersamaan bisa menimbulkan gas di dalam perut.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments