Ini Tips Puasa Aman Bagi Penderita Maag

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-kram-perut

DokterSehat.Com– Maag adalah sebuah penyakit atau radang lambung yang menimbulkan efek nyeri pada perut. Selain nyeri, biasanya saat maag kambuh akan menimbulkan rasa mulas disertai dengan mual. Bahkan, tidak sedikit yang jatuh pingsan karenanya.

Maka dari itu, penderita maag harus sangat memperhatikan pola makannya. Sangat dilarang untuk menunda makan, sebab maag akan semakin parah jika perut sampai kosong. Dengan kondisi yang demikian, banyak orang yang merasa takut untuk berpuasa, pasalnya ketika puasa, perut akan kosong dan memungkinkan maag kambuh sewaktu-waktu.

Nah, bagi Anda yang memiliki penyakit maag, Anda tidak perlu takut untuk berpuasa. Sebab, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan agar puasa lancar tanpa takut maag kambuh. Berikut adalah tipsnya:

1. Mengatur Jadwal Minum Obat

Saat hendak puasa, alangkah baiknya Anda mengonsumsi obat maag terlebih dahulu. Biasanya, obat maag sangat tepat diminum saat selesai sahur. Selain itu, tidak lupa pula mengonsuminya beberapa jam setelah berbuka puasa, atau sebelum tidur. Sebab, obat maag terbilang aman walau dikonsumsi secara rutin. Jadi, efek atau reaksi nyeri akan lebih diminimalkan ketika Anda minum obat maag secara teratur.

2. Menu Makanan

Ini adalah hal yang penting, sebab maag bisa kambuh akibat makanan yang Anda konsumsi. Maag berhubungan langsung dengan tingkat keasaman pada lambung. Maka dari itu, hindarilah makanan yang memicu naiknya asam lambung pada perut Anda. Usahakan banyak mengonsumsi air putih dan makanan sehat, seperti sayuran dan buah. Perlu diperhatikan pula, jangan mengonsumsi makanan pedas saat sahur sebab itu akan memperparah maag Anda.

3. Berbuka dengan Makanan Manis

Berbuka dengan yang manis-manis adalah anjuran yang cukup menyehatkan, demikian pula bagi penderita maag. Sebab, makanan manis yang Anda konsumsi pada saat buka puasa akan membuat perut dan lambung menjadi lebih rileks sebelum dimasukkan makanan yang berat. Untuk itu, berbukalah dengan air mineral dan makanan manis.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments