Jangan Terlalu Lama, Inilah Idealnya Waktu Olahraga Saat Puasa

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat olahraga saat puasa

DokterSehat.Com– Saat melakukan puasa, setiap orang akan menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya matahari sampai terbenamnya fajar. Dalam seharian penuh, tubuh akan merasa lemas, letih, dan seakan tak bergairah. Namun, itu bukan untuk tidak beraktivitas ataupun berolahraga. Pasalnya, olahraga saat puasa harus tetap dilakukan, namun dengan intensitas yang berbeda.

Sampai saat ini, tidak sedikit orang yang lebih memilih bersantai dan tidur di rumah sambil menunggu waktu berbuka, daripada harus beraktivitas yang melelahkan, termasuk olahraga. Padahal, dengan olahraga yang tepat, tubuh tidak akan merasa kelelahan, justru akan memberikan kebugaran yang tak terduga sebelumnya.

Saat puasa, Anda dianjurkan untuk melakukan berbagai olahraga ringan, misalnya bersepeda, jalan santai, hingga yoga. Ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Anda lakukan. Namun ingat, waktu Anda berolahraga tidaklah lebih dari setengah jam. Bahkan, menurut pakar kesehatan, olahraga yang baik bagi orang puasa adalah sekitar 15 menit setiap hari.

Sebab, dengan waktu yang lama, justru akan menghabiskan cadangan energi pada tubuh, akibatnya Anda akan menjadi sangat lemas. Dan tidak menutup kemungkinan Anda akan jatuh pingsan. Untuk itu, lakukan olahraga ringan sewajarnya, yakni 15 menit secara rutin setiap hari.

Waktunya pun bervariasi, Anda bisa melakukannya di waktu subuh setelah sahur, ataupun di sore hari menjelang berbuka. Kedua waktu itu terbilang sangat efektif. Sebab, saat subuh, energi Anda masih sangat banyak. Lantas, saat sore hari, mood Anda sedang baik karena waktu berbuka telah di depan mata.

Dengan rutin melakukan olahraga ketika puasa, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, misalnya metabolisme yang baik, pembakaran kalori, meningkatkan sistem imun, serta memperkuat jaringan tubuh agar bisa beraktivitas lancar tanpa hambatan ketika sedang berpuasa selama sebulan penuh.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments