Mau Awet Muda dari Makanan? Lakukan 3 Cara Mudah Ini!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-gizi-awet-muda

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak mau tampil awet muda? Tampak awet muda memang dipengaruhi oleh banyak hal, namun tahukah Anda jika salah satu kunci penting agar kita bisa selalu tampil awet muda adalah dari makanan?

Awet muda adalah tampilan fisik tubuh kita terlihat jauh muda dari usia atau biasanya dibandingkan dengan orang lain yang usia yang sama.

Hal ini disebut dengan perbedaan antara usia kronologis dan usia biologis, apakah yang dimaksud dengan kedua usia tersebut?

Beda usia kronologis dengan usia biologis

Usia kronologis adalah usia yang ditunjukkan dengan tahun yang dihitung dengan cara penanggalan sejak kita baru lahir. Lain halnya dengan usia biologis yang merupakan usia tubuh atau body age yang dihitung berdasarkan perkembangan seluruh sel dalam tubuh saat waktu pengukuran.

Tampak awet muda berarti usia biologis tubuh kita lebih rendah dari usia kronologis, hal ini merupakan perpaduan dari banyak hal, yang mayoritas dipengaruhi olah pola hidup sehat yaitu pengaturan makanan dan kebiasaan olahraga yang baik.

Lalu, bagaimana sih agar asupan makanan bisa mendukung tubuh agar awet muda?

Pengaturan makanan yang tepat akan membuat tubuh mampu bermetabolisme dengan baik, hal ini akan memengaruhi perkembangan berbagai sel dalam tubuh, yang jika asupannya tepat, maka sel tubuh berkembang optimal dan sehat ditunjukkan dengan usia biologis yang rendah.

Pengaturan makan yang mendukung tubuh menjadi awet muda adalah:

1.Menerapkan pola makan seimbang dan bervariasi

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan pedoman makan sehat gizi seimbang, ‘kan? Ya, ternyata menerapkan pola makan yang bergizi seimbang dengan pemilihan makanan yang bervariasi akan membuat tubuh menjadi awet muda karena perkembangan sel tubuh akan sehat dan optimal.

Gizi yang seimbang menyebabkan semua zat gizi yang masuk dalam tubuh cukup dan tidak berlebihan, sedangkan asupan makanan yang seimbang akan menyuplai beragam zat gizi sehingga sel tubuh akan super sehat.

2.Membatasi kalori makan

Pembatasan kalori yang dimaksud disini bukan berarti harus diet ya. Kalori yang dibatasi atau boleh dikurangi adalah kalori yang umunya telah dibatasi dengan ketat pada pedoman gizi seimbang yaitu kalori dari lemak, garam dan gula.

Suatu studi menunjukkan bahwa pengurangan konsumsi ketiga bahan makanan tersebut akan membuat mitokondria, sebagai bagian sel dalam tubuh, bisa meningkat sehingga fungsi berbagai organ dan sistem tubuh bisa optimal.

Selain itu, kalori dari lemak, garam dan gula yang terbatas akan membuat sel mampu melakukan perbaikan diri dengan lebih baik.

Hal ini yang kemudian menjadikan sel dalam tubuh semakin sehat, optimal dan mampu mendukung tubuh tampak awet muda.

3.Konsumsi asam lemak omega 3 dan 6

Kita tentu tahu bahwa asam lemak omega 3 dan 6 memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, tidak hanya untuk otak dan jantung, namun ternyata asupan asam lemak omega 3 dan 6 dalam tubuh akan mendukung aktivitas sel, baik dalam menjalankan fungsinya, maupun meregenerasi sel dalam tubuh menjadi lebih maksimal.

Asam lemak omega 3 dan 6 bisa kita peroleh dari konsumsi ikan laut paling tidak 3-4 porsi dalam sehari atau dari konsumsi suplemen omega 3 dan 6 dalam jumlah dan dosis yang tepat.

Nah, itu dia tiga cara pengaturan makan yang ampuh mendukung tubuh menjadi lebih awet muda.

Pengaturan pola makan tersebut sangat beriringan dengan pola makan yang sehat sehingga, kita tidak hanya mendapatkan tubuh yang awet muda saja namun, juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dengan menerapkan tiga cara di atas, ya.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments