Minuman Manis Rendah Gula untuk Berbuka, Simak Tips Contohnya di Sini!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-minuman-manis-rendah-gula
Photo Credit: Flickr.com/ Rob Bertholf

DokterSehat.Com– Berbukalah dengan yang manis, Anda tentu sudah tak asing lagi mendengar istilah tersebut ya. Berbuka dengan yang manis memang dianjurkan, namun Anda tentu pasti sudah tahu ‘kan bahwa konsumsi makanan atau minuman manis yang tidak tepat saat berbuka puasa justru menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh.

Untuk itu, yuk cari tahu minuman manis rendah gula apa saja yang yang bisa kita nikmati saat berbuka nanti.

Salah satu cara jitu agar minuman manis yang kita konsumsi memiliki kandungan gula yang rendah dan aman untuk dikonsumsi saat berbuka tentu saja dengan mengatur jenis, penggunaan dan penyajian gulanya, ya.

Beberapa tips agar minuman yang kita buat tetap manis dan rendah gula adalah:

1. Buatlah gula alami

Agar minuman manis yang Anda buat selalu rendah gula, maka singkirkan gula pasir, sirup atau susu kental manis di daftar bahan minuman Anda, ya.

Kini gantilah penggunaan gula dari gula alami yang bisa Anda buat sendiri, misalnya dari sari buah yang manis atau sari kurma.

Rasanya sama manisnya namun jenis gula yang dikonsumsi tubuh bukanlah gula dari karbohidrat sederhana yang tentu lebih baik dicerna tubuh utamanya pada kondisi berbuka puasa.

Anda bisa menambahkan gula alami ini dalam berbagai olahan minuman saat berbuka misalnya teh atau es dengan berbagai isi.

Penggunaan madu juga kerap dianjurkan karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dibandingkan gula biasa, namun perlu diingat bahwa kandungan gula pada madu tetap tinggi, ya.

2. Sajikan gula alami dalam wadah terpisah

Agar Anda bisa tetap mengatur rasa manis pada minuman tetap sehat, sebaiknya sajikan gula alami dalam wadah terpisah dan Anda bisa menakar berapa sendok makanan gula yang Anda konsumsi sehingga rasa manisnya tidak berlebihan.

Pastikan penggunaan gula alami tersebut maksimal 5-6 sendok makan dalam sehari, ya.

3. Tambahkan rempah alami

Ya, menambahkan rempah alami akan memberikan tambahan citarasa pada minuman Anda, gunakan bubuk kayu manis, cengkeh atau mungkin bubuk jahe yang bisa memberikan variasi rasa lain untuk minuman, sehingga Anda tidak hanya berfokus pada rasa manis saja.

Rasa rempah alami lainnya juga tetap nikmat untuk berbuka ‘kan?

4. Pilih olahan minuman dari buah yang rasanya manis

Cara sehat lainnya adalah menggunakan rasa manis alami dari buah secara langsung yaitu dengan mengolahnya menjadi jus atau smoothies.

Pilih buah yang sudah matang sempurna dan memiliki rasa manis, sehingga Anda tidak perlu menambahkan lagi gula pada minuman tersebut.

Buah yang memiliki rasa cukup manis adalah jambu merah, semangka, pepaya dan lain-lain.

Lalu, apa saja jenis minuman manis rendah kalori yang bisa kita buat?

Dari keempat tips cara membuat minuman rendah gula di atas, beberapa contoh minuman yang bisa kita buat adalah:

1. Es buah dengan tambahan sari kurma

Potongan buah yang manis dicampurkan dalam air dengan tambahan sari kurma sebagai pemanis alaminya. Beberapa jenis buah yang bisa Anda gunakan adalah buah apel, semangka atau pepaya. Cukup mudah dibuat, ‘kan?

2. Jus buah dengan tambahan rempah

Tertarikkah Anda membuat jus buah dengan tambahan sedikit jahe segar di dalamnya? Jus yang Anda buat akan memiliki rasa unik, tambahkan bubuk kayu manis agar jus buah Anda menjadi super sehat, ya.

3. Setup buah dengan tambahan rempah dan sari kurma

Setup buah bisa jadi pilihan yang tepat untuk minuman berbuka Anda lho. Pilih buah yang juga bisa memberikan rasa manis misalnya apel, pepaya atau salak. Perpaduan rasa manis dari buah dan rempah yang Anda rebus bersamaan dan disajikan dengan sari kurma tentu akan memberikan rasa manis yang sehat, ‘kan?



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments