Perhatikan 3 Cara Berikut ini Agar Puasa Anda tetap Lancar dan Tubuh Tetap Fit!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-nafsu-makan

DokterSehat.Com– Bagi yang belum terbiasa berpuasa, memang akan terasa sangat sulit untuk dilakukan. Pasalnya, tubuh akan kekurangan asupan makanan dan minuman. Sebab, ketika berpuasa, diharuskan untuk bisa menahan lapar dan haus mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Dengan demikian, tidak ada asupan makanan dan minuman selama satu hari penuh.

Seringkali, saat sedang berpuasa banyak yang melakukan kebiasaan yang ternyata justru dapat membahayakan kesehatan. Meskipun terlihat sepele, namun Anda harus memperhatikannya agar tubuh Anda tetap fit selama berpuasa. Berikut ini adalah beberapa cara agar tubuh tetap fit selama berpuasa.

1. Biasakan Sahur Mendekati Waktu Imsak

Sahur sangatlah penting dan tidak boleh dilewatkan. Sebab, saat sahur tubuh akan menerima asupan makanan yang nantinya akan diubah menjadi energi. Energi tersebut digunakan untuk melakukan aktivitas di siang hari sehingga tubuh tidak terasa lemah dan lemas. Sebaiknya, biasakan sahur mendekati waktu imsak. Hal ini bukan tanpa alasan, karena sahur mendekati waktu imsak bermanfaat dalam pembakaran lemak menjadi energi dalam tubuh dengan jarak waktu yang cukup untuk berpuasa.

2. Setelah Sahur Jangan Langsung Tidur

Banyak orang yang memilih untuk langsung tidur setalah makan sahur. Hal ini tidaklah baik untuk kesehatan Anda. Sebab, langsung tidur setelah sahur dapat menimbulkan efek tidak nyaman pada perut akibat naiknya asam lambung, bahkan sampai ke tenggorokan. Selain itu, juga dapat berpengaruh pada kenaikan berat badan dan memicu pertumbuan bakteri anaerob. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk sahur mendekati imsak agar Anda tidak memiliki waktu untuk tidur kembali setelah sahur.

3. Tetap Melakukan Aktivitas

Berpuasa bukan berarti bisa menjadi alasan untuk tidak melakukan aktivitas apapun. Anda masih diwajibkan untuk melakukan aktivitas seperti ketika sebelum puasa, meskipun saat puasa badan terasa lemah dan lemas. Alasan mengapa tubuh harus tetap bergerak saat puasa adalah supaya tubuh tidak mengalai gangguan kesehatan akibat terlalu banyak tidur. Walaupun di awal terasa berat untuk melakukan aktivitas ketika sedang berpuasa, namun lambat laun tubuh Anda akan mulai terbiasa



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments