Puasa Kok Ngantuk Terus? Ternyata Ini Penyebabnya

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-mengatuk-saat-puasa

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku mudah mengalami rasa kantuk saat berpuasa. Saat siang hari contohnya, kita cenderung memiliki keinginan berlebih untuk tidur. Sebenarnya, apakah hal ini wajar terjadi?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mengantuk saat berpuasa memang bisa terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh dua hal, yakni perubahan pola tidur dan perubahan sistem metabolisme tubuh.

Sebagaimana kita ketahui, kita melakukan santap sahur saat dini hari, waktu dimana kita justru biasanya tidur dengan sangat nyenyak di bulan-bulan lainnya. Yang menjadi masalah adalah, saat bulan puasa, kita tidak benar-benar menata ulang waktu tidur dengan baik sehingga kita pun mengalami masalah kurang tidur. Hal ini akhirnya berimbas pada tubuh yang lesu dan mudah mengantuk di siang hari.

Sementara itu, karena kita tidak mendapatkan makanan dan minuman apapun seharian, maka kadar gula darah cenderung menurun dengan signifikan. Padahal, tanpa adanya gula darah, otak tidak bisa mendapatkan energi yang cukup untuk berpikir, berkonsentrasi, dan melakukan fungsi lainnya. Sebagai informasi, otak akan menghabiskan 60 persen glukosa demi berfungsi dengan baik.

Jika sumber energi yang didapatkan dari makanan menurun, maka tubuh pun akan mengambil cadangan glikogen demi memastikan tubuh tetap bisa beraktivitas dengan normal. Hanya saja, hal ini ternyata berimbas pada tubuh yang cenderung menjadi lemas dan mudah mengantuk.

Penyebab rasa kantuk yang luar biasa di saat berpuasa lainnya adalah konsumsi makanan sahur yang tidak mampu mencukupi kebutuhan zat besi. Selain itu, kita juga tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks dengan cukup. Zat besi bisa didapatkan dari sayuran hijau, kacang, atau ikan teri. Sementara itu, karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari beras merah, ubi, jagung, oatmeal, dan makanan lainnya.

Selalu pastikan untuk tidur cukup dan mengonsumsi makanan sehat agar tidak mudah mengantuk saat berpuasa.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments