Sehatkah Tidur Seharian Saat Puasa agar Tidak Lapar Sampai Sore?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat tidur saat puasa

DokterSehat.Com – Tidurnya orang puasa adalah ibadah, kita semua tahu itu, tapi memanfaatkannya tidak pada tempatnya. Akhirnya kita lebih suka malas-malasan setiap hari saat akhir pekan. Mumpung tidak masuk kerja, aktivitas di rumah hanya dihabiskan dengan tidur dari siang hingga sore hari.

Tidur siang saat puasa memang baik untuk kesehatan. Kita bisa mencukupi kebutuhan tidur yang selama ini tidak terpenuhi secara maksimal. Namun, kalau tidur dilakukan dengan berlebihan tubuh akan menjadi tambah lemas dan tidak bersemangat.

Dampak sering tidur saat puasa

Ada beberapa dampak pada tubuh yang akan muncul kalau Anda sering tidur dan jarang melakukan aktivitas. Meski tidak akan lapar karena Anda menghemat energi, ada efek negatif yang akan muncul.

  1. Tubuh akan lemas

Terlalu banyak tidur akan membuat tubuh jadi lebih pasif. Otot tidak bekerja dengan maksimal dan akhirnya Anda selalu lemas. Kalau saat puasa Anda hanya tidur, tubuh akan beradaptasi untuk tidak melakukan metabolisme dengan maksimal dan menghemat pasokan energi.

Kalau Anda melanjutkan kebiasaan ini setiap hari, tubuh akan selalu lemas dan Anda jadi malas melakukan apa-apa. Bisa jadi Anda jadi malas melakukan ibadah lainnya karena tubuh susah digerakkan.

  1. Daya tahan tubuh bisa anjlok

Tubuh yang tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik biasanya mudah sekali diserang oleh bibit penyakit. Daya tahan tubuh akan anjlok karena Anda tidak aktif sama sekali. Saat puasa Anda bisa terserang flu dengan mudah hingga sakit lain seperti diare hingga batuk.

Kalau Anda berolahraga dan menggerakkan tubuh, kekebalan tubuh akan meningkat. Peredaran darah di dalam tubuh bisa lancar, dan Anda jadi lebih bertenaga. Olahraga juga membuat tubuh jadi lebih segar dan bersemangat.

  1. Mengalami kegemukan

Kalau Anda lebih banyak tidur ketimbang melakukan aktivitas fisik lainnya, kegemukan akan terjadi. Kadar lemak di dalam tubuh akan meningkat perlahan-lahan tanpa Anda sadari sebelumnya. Kegemukan ini akan memperburuk kesehatan tubuh secara menyeluruh mulai dari jantung, hati, hingga organ vital lainnya.

Saat puasa biasanya beberapa orang terobsesi mendapatkan badan yang ideal khususnya saat Idulfitri. Kalau Anda tidak memperhatikan aktivitas selama puasa, kegemukanlah yang akan muncul.

Alternatif aktivitas yang menyehatkan

Daripada Anda hanya malas-malasan saja di rumah dan tidak melakukan apa pun saat puasa, ada beberapa alternatif aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan hari hingga saat berbuka puasa tiba.

  • Coba jalankan hobi yang Anda suka. Saat libur usahakan jangan hanya di rumah saja. Anda bisa keluar untuk memancing atau melakukan aktivitas lain yang menurut Anda menarik.
  • Coba lakukan olahraga dengan rutin setiap harinya. Olahraga tidak harus sesuatu yang intens dan membuat Anda basah karena keringat. Olahraga bisa dilakukan dengan hanya jalan santai selama beberapa menit.
  • Melakukan aktivitas seru bersama keluarga. Kalau Anda sudah memiliki keluarga coba habiskan waktu dengan membersihkan rumah bersama atau berbelanja lalu masak bersama untuk berbuka puasa. Kalau Anda melakukan aktivitas yang mengasyikkan rasa lapar tidak akan terasa.
  • Traveling kecil-kecilan. Daripada di rumah pusing dan membuat Anda jadi ingin tidur, kenapa tidak pelesir tipis-tipis dengan keluarga ke luar kota atau di dalam kota. Habiskan hari di luar rumah dan pulang ke rumah saat akan berbuka puasa.

Nah, Anda tipe orang puasa yang mana? Lebih banyak tidur saat siang hari agar tidak lapar atau lebih suka bergerak karena aktif membuat tubuh jadi lebih sehat?



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments