Super Mudah, Cara Atur Minum Anti Dehidrasi selama Berpuasa

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-minum-air-putih-sehat-1024

DokterSehat.Com– Bagaimana cara Anda mengatur asupan minum air putih Anda saat masa berpuasa? Padatnya waktu makan menjadi tantangan tersendiri bagi kita untuk mengatur waktu minum air putih agar tetap terpenuhi, sehingga kita harus pandai-pandai menyiasati waktu yang terbatas tersebut untuk memenuhi kebutuhan air minum harian. Lalu, bagaimana sih cara yang ampuh dan mudah dilakukan?

Dehidrasi menjadi ancaman utama jika kita tak mampu mengatur asupan minum kita selama berpuasa.

Anda tentu tidak mau ‘kan selama masa puasa mengalami gangguan yang disebabkan dehidrasi seperti bibir dan kulit kering hingga sering merasa pusing.

Untuk itu, yuk ketahui bagaimana cara super mudah mengatur asupan minum dalam tubuh selama berpuasa.

Sebelum membahas cara minum air putih yang baik, kita perlu memahami bahwa kebutuhan rata-rata air putih harian berbeda-beda pada setiap orang.

Lazimnya, perempuan dewasa membutuhkan 1800-2100 ml sedangkan pria dewasa membutuhkan lebih dari 2000-2300 ml air putih, sehingga kita akan membagi kebutuhan tersebut menjadi asupan minum sekitar 2000 ml atau 8 gelas air putih selama berpuasa, dengan cara sebagai berikut:

1. Konsumsi satu gelas saat adzan maghrib

Jangan lansgung mengonsumsi makanan atau minuman manis saat berbuka puasa, ya. Usahakan anda meminum satu gelas air putih terlebih dahulu saat berbuka atau sebagai takjil.

Hal ini disarankan oleh para pakar kesehatan dan gizi karena sangat baik untuk menghidrasi tubuh dan adaptasi awal tubuh setelah seharian berpuasa.

2.Satu gelas setelah ibadah salat maghrib

Setelah mengonsumsi takjil berupa makanan manis, sebagian besar orang melakukan ibadah salat maghrib terlebih dahulu.

Hal ini bermanfaat juga lho agar asupan minum terpenuhi karena sebaiknya setelah salat kita bisa mengonsumsi satu gelas air putih lagi. Jadikan hal ini sebagai kebiasaan agar tubuh terhidrasi dengan baik pada waktu awal berbuka, ya.

3.Minum satu gelas setelah makan utama buka puasa

Setelah makan utama saat berbuka, manfaatkan keinginan minum untuk minum air putih, ya.

Selalu sediakan air putih di dekat Anda saat sedang makan utama berbuka puasa karena hal ini efektif mencegah kita mengonsumsi minuman manis setelah makan.

4.Satu gelas sebelum salat tarawih

Persiapan tarawih apa yang biasa Anda lakukan? Jika minum masih belum ada dalam daftar, maka kini selalu minumlah satu gelas air putih sebelum tarawih, ya.

Hal ini sangat baik untuk mendukung tubuh lebih terhindar dari dehidrasi dan memberi asupan cairan agar bisa menjalani tarawih dengan maksimal dan penuh konsentrasi.

5.Minum lagi satu gelas setelah tarawih

Setelah melakukan ibadah tarawih, beri asupan cairan dalam tubuh. Kondisi ini sangat baik untuk mendukung tubuh tetap terhidrasi setelah menjalani ibadah salat tarawaih lebih dari 30 menit.

6.Konsumsi satu gelas air putih sebelum tidur

Biasakan untuk selalu minum air putih sebelum tidur saat berpuasa ya. Hal ini penting agar asupan kebutuhan air putih harian selalu terpenuhi dan tubuh terhidrasi dengan baik selama istirahat.

7.Satu gelas saat bangun sahur dan satu gelas terakhir setelah makan utama saat sahur

Berapa kali Anda minum air putih saat sahur? Biasakan agar Anda minum air putih dua gelas saat sahur selama masa sahur, ya. Anda boleh langsung minum dua gelas setelah sahur atau membaginya menjadi satu gelas saat bangun tidur untuk sahur dan satu gelas setelah makan utama sahur, ya.

Nah, bagaimana, super mudah dilakukan, ‘kan?



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments