Tak Hanya Mengurangi Berat Badan, Puasa Juga Memberi Manfaat ini!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-mengatasi-kulit-berminyak
Photo Credit: Pexels.com/Moose Photos

DokterSehat.Com– Bukan hanya sebagai ibadah, faktanya puasa juga telah dilakukan oleh nenek moyang sebagai terapi kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan berbagai riset yang telah dilakukan mengenai manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan otak. Secara umum, banyak yang percaya bahwa puasa bisa menurunkan berat badan dengan aman dan cepat.

Hal tersebut memang benar, namun tak sampai di situ. Masih ada berbagai manfaat lain yang akan didapatkan ketika melakukan puasa, misalnya mengurangi risiko jantung, mencegah kanker, dan masih banyak lagi. Nah, ternyata ada satu manfaat lagi yang perlu Anda ketahui dari berpuasa, manfaat tersebut adalah menyehatkan usus.

Menurut hasil studi yang dipublikasikan oleh Journal Cell Stem Cell mengatakan bahwa berpuasa sama saja dengan merawat usus. Yang artinya, puasa bisa digunakan sebagai metode ampuh dalam menjaga kesehatan usus. Hal tersebut dikarenakan saat berpuasa, usus menjadi lebih bersih dan sel batang bisa melakukan regenerasi secara baik.

Perlu diketahui sebelumnya, sel batang usus merupakan sel yang fungsinya sebagai pemelihara lapisan usus. Sel ini juga memiliki tugas untuk memperbaiki setiap kerusakan atau cidera yang dialami oleh usus. Sebab, usus bisa cidera kapan saja oleh makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Jika sel batang usus beregenerasi secara baik, maka risiko terjadi sakit usus akan semakin kecil pula.

Kemudian, saat sel tersebut beregenerasi secara baik, maka Anda pun akan terhindar dari infeksi pencernaan. Maka tak heran, jika banyak pasien yang mengalami sakit pada usus disarankan untuk berpuasa beberapa hari sebelum melakukan pengobatan khusus. Seiring berjalannya usia, kemampuan dari usus pun juga semakin menurun, maka dari itu, berpuasa dari usia muda sangat penting dan Anda akan merasakan manfaatnya beberapa tahun ke depan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments