Tidak Hanya Mematikan, Racun Kalajengking Ternyata juga Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-manfaat-racun-kalajengking
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Kalajengking merupakan salah satu hewan kecil yang ditakuti karena memiliki racun yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, bahkan kematian. Akan tetapi, baru-baru ini rancun kalajengking dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan.

Hal ini dikarenakan racun kalajengking tersebut adalah campuran dari berbagai peptide termasuk beberapa enzim seperti hyaluronidases, phospholipases, sphinhhomyelinases, dan enzim proteolitik sehingga bisa digunakan untuk kesehatan oleh sebagian besar masyarakat di berbagai Negara, termasuk Asia.

Senyawa di dalam racun kalajengking bermanfaat  untuk membasmi bakteri, virus, jamur dan parasite. Bahkan, salah satu manfaat lain dari racun kalajengking adalah untuk menyembuhkan penyakit HIV. Selain itu, racun kalajengking juga memiliki manfaat dalam bidang kedokteran, diantaranya:

1. Pengobatan Gangguan Darah

Racun kalajengking bisa digunakan untuk mengobati penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah, seperti serangan jantung, dan stroke. Hal ini dikarenakan racun kalajengking mengandung peptide dan protein yang berperan dalam pembekuan darah. Selain itu, di dalam racun kalajengking juga ditemukan beberapa senyawa yang dapat menghambat pembekuan darah. Oleh sebab itu, racun kalajengking dijadikan sebagai salah satu obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

2. Sebagai Obat Antinyeri

Semua orang pasti akan mengalami rasa nyeri pada tubuh. Seringkali, rasa nyeri tersebut tidak bisa dikendalikan dan bahkan bisa mengganggu kesehatan. Racun kalajengking ternyata juga bisa dijadikan sebagai oat antinyeri yang ampuh mengatasi rasa nyeri pada tubuh. Hal ini disebabkan karena racun kalajengking memiliki toksin yang dapat berinteraksi dengan kanal natrium system saraf pusat dan otot. Kanal natrium inilah yang nantinya akan berperan mengantarkan sinyal nyeri ke saraf.

3. Sebagai Obat Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya dan mematikan yang bisa dialami oleh siapa saja, baik wanita maupun pria. Kanker memiliki banyak jenis, seperti kanker kulit, kanker rahim, kanker payudara, kanker otak, dan masih banyak lainnya. Untuk mengobati kanker biasanya dengan cara medis ataupun obat tradisional. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata racun kalajengking juga bisa mengobati kanker? Racun kalajengking memiliki potensi dalam menangani berbagai keganasan seperti neruoblastoma, leukemia, dan kanker otak. Kandungan senyawa scorpion venom component III (SVC III) di dalam racun kalajengking berperan penting dalam perkembangan sel darah.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments