Tinggal di Desa 8 Kali Lebih Membahagiakan Daripada di Kota

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

pedesaan-doktersehat
Source: The Educated Shutter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang justru memilih untuk tinggal di kota besar karena ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi atau kemudahan untuk mendapatkan berbagai hal. Sayangnya, berbagai keuntungan ini ternyata membuat mereka tidak bahagia jika dibandingkan dengan tinggal di desa. Penelitian terbaru yang dilakukan di Kanada membuktikan hal ini.

Dilansir dari Daily Mail, penelitian yang dilakukan dengan cara mensurvei 400 ribu orang dari negara Amerika Utara ini menghasilkan fakta bahwa kota besar memang menawarkan gaji lebih besar, level pendidikan lebih tinggi, dan level pengangguran yang lebih rendah. Namun, hal ini sama sekali tidak membuat warga kota lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang tinggal di pedesaan atau kota kecil.

Menurut para peneliti dari McGill University, Montreal dan Vancouver School of Economics, Vancouver, tinggal di desa bisa membuat seseorang lebih berbahagia 8 kali lipat jika dibandingkan dengan tinggal di kota.

Para peneliti meminta partisipan yang terlibat untuk memberikan skala 1 hingga 10 dari berbagai pertanyaan yang diajukan dalam survei. Hasilnya adalah, kebanyakan orang memberikan angka 7,04 hingga 8.94. Namun, terdapat sebuah hal yang sangat jelas dari perbedaan antara masyarakat pedesaan dan perkotaan, yakni rasa bahagia.

Menurut para peneliti, hal ini sepertinya dipengaruhi oleh kekuatan komunitas yang masih baik di kawasan pedesaan. Sementara itu, banyak warga kota yang jarang bertemu atau berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarganya. Hal ini ternyata mempengaruhi kondisi otak dengan signifikan.

Tak hanya itu, warga kota cenderung menghabiskan pendapatannya setidaknya 30 persen lebih banyak demi membayar kebutuhan rumah. Tanpa disadari, hal ini ternyata bisa memicu stres.

Lesli Musicar, salah seorang terapi dari Toronto, Kanada, menyebutkan bahwa warga kota cenderung merasa tidak aman saat berjalan sendirian. Mereka juga tidak mudah mempercayai orang lain. Berbeda dengan orang yang tinggal di desa yang cenderung sudah mengenal satu sama lain sehingga cenderung hidup dengan lebih tenang dan nyaman.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments