Tips Membuat Toner ala Rumahan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-membuat-toner-rumahan
Photo Credit: Pexels.com/rawpixel.com

DokterSehat.Com– Merawat kesehatan dan kecantikan kulit memang menjadi salah satu rutinitas tersendiri bagi kaum Hawa. Tidak heran jika wanita memiliki produk perawatan kulit yang lebih beragam dibandingkan dengan pria. Kendati demikian, pemilihan produk perawatan kulit tersebut rupanya juga tidak boleh asal-asalan.

Anda harus memilih produk yang formula bahannya sesuai dengan jenis kulit. Salah satunya adalah toner yang berperan penting dalam mengembalikan kesegaran kulit. Sayangnya, tidak semua toner cocok digunakan pada kondisi kulit tertentu. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk membuat toner ala rumahan yang formula bahannya dapat disesuaikan dengan jenis kulit.

1. Cuka Apel

Salah satu bahan yang dapat dijadikan referensi toner ala rumahan adalah cuka apel. Dilansir dari laman 7 Beauty Tips, cuka apel merupakan bahan yang dapat mendetoksifikasi zat toksin dari dalam tubuh dan kulit. Tidak hanya itu saja, penggunaan toner dari cuka apel juga menjadikan kulit tampak lebih cerah dan lembut.

Kendati demikian, campurkan cuka apel dengan air agar tidak menyebabkan iritasi kulit. Sayangnya, hal satu ini kerap dilewatkan sehingga banyak orang yang salah dalam menggunakan toner cuka apel.

2. Lemon

Selain cuka apel, Anda yang memiliki kulit berjerawat atau pun kulit berminyak dapat menggunakan air perasan lemon. Air perasan lemon mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi kesehatan kulit sekaligus menyerap kelebihan sebum. Kendati demikian, hindari pengaplikasian air perasan lemon secara langsung pada kulit.

Akan lebih baik lagi jika Anda mengombinasikannya terlebih dahulu dengan air yang telah didistilasi dan minyak esensial lemon. Kombinasi satu ini jauh lebih optimal dalam mengembalikan kesegaran dan kesehatan kulit.

3. Garam Laut

Garam laut atau yang juga dikenal dengan nama sea salt tidak hanya berfungsi sebagai eksfolian saja. Anda dapat menggunakannya sebagai toner, terutama untuk kulit yang sedang mengalami luka atau pun jerawat. Kandungan garam laut yang kaya akan mineral dan vitamin akan menjadikan kulit terasa lebih lembap. Peradangan pada wajah pun akan cepat mereda.

Nah, agar kulit tidak mengalami infeksi, gunakan garam laut yang telah disterilisasi. Pasalnya, garam laut tersebut sudah dipastikan terbebas dari kotoran, bakteri mau pun mikroba yang dapat menginfeksi kulit. Campurkan dengan air hangat agar formula di dalam garam laut dapat larut dengan sempurna.

Wah, siapa yang akan menyangka ternyata pembuatan toner untuk kulit cukup mudah untuk dilakukan. Kendati demikian, jangan lupa untuk memperhatikan sejumlah hal kecil seperti di atas. Pastikan jika alat dan bahan yang Anda gunakan dalam kondisi steril untuk menghindari reaksi iritasi atau pun alergi.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments