Tips Menidurkan Bayi dengan White Noise

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat white noise bayi

DokterSehat.Com– Menidurkan bayi kadang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Jika cara-cara seperti mengajaknya bermain hingga lelah dan meredupkan lampu kamar tetap tidak mampu membuatnya tertidur, Anda mungkin perlu mencoba menidurkan bayi dengan white noise.

Apa ituwhite noise?

Secara teknis, white noise adalah suara yang terdiri dari beberapa frekuensi dalam jangkauan pendengaran manusia. Karena itu suara white noise dapat menyamarkan suara yang mengganggu ketenangan tidur bayi seperti suara orang dewasa bicara, atau suara aktivitas lainnya.

Mengapa white noise dapat membuat bayi tertidur?

Banyak orang tua beranggapan bahwa suara berisik di sekitar bayi mungkin akan mengganggu tidurnya sehingga ia akan sering terbangun. Namun sebenarnya, bayi sudah terbiasa mendengar suara berisik sejak di dalam kandungan.

Suara berisik tersebut berasal dari aliran darah, denyut jantung ibu, dan suara lain yang bisa didengar bayi di dalam perut ibu. Suara-suara tersebut tidak mengganggu, namun justru membantu bayi tertidur lebih nyenyak.

Bagaimana membuat white noise untuk menidurkan bayi?

Ada beberapa cara untuk membuat white noise, di antaranya:

1. Membuat bunyi mendesis (shushing)

Teknik menidurkan bayi dengan membuat suara mendesis atau shushing ini juga direkomendasikan oleh Dr Harvey Karp, dokter spesialis anak asal Amerika yang mengeluarkan metode menidurkan bayi dengan metode 5S. Caranya, buatlah suara mendesis sambil mengayun bayi dengan lembut. Saat mengayun, Anda bisa mengatur suhu kamar agar lebih hangat atau dingin sehingga bayi bisa tidur lebih nyenyak.

2. Nyalakan kipas angin

Suara kipas angin juga bisa menjadi white noise yang membantu menidurkan bayi. Setelah menyalakan kipas angin, ayun bayi dengan perlahan-lahan atau nyanyikan lagu pengantar tidur agar bayi semakin mudah terlelap.

Selain menggunakan kedua cara di atas, Anda juga bisa memperdengarkan suara white noise melalui aplikasi di ponsel atau perangkat khusus. Namun sebaiknya nyalakan perangkat tersebut hanya jika ingin menidurkan bayi.

Nah, bagaimana Mom, tertarik mencoba cara di atas untuk menidurkan bayi?



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Post a Comment

0 Comments