Memahami Penyebab Bayi 9 Bulan

Normalnya, gigi kesatu  bayi mulai tumbuh ketika  usianya memasuki  6 bulan, dimulai  dengan tumbuhnya gigi seri tengah unsur  bawah. Gigi lain bakal  tumbuh seiring dengan pertambahan usianya. Nah, bagaimana andai  sampai umur  9 bulan, bayi belum tumbuh gigi? Apakah normal?



Menginjak umur  9 bulan, Bunda barangkali  akan melihat sekian banyak   tanda tumbuh kembang Si Kecil yang semakin pesat, termasuk timbulnya  gigi kesatu . Namun andai  gigi kesatu  Si Kecil tidak kunjung hadir  sampai usianya 9 bulan, barangkali  akan menciptakan  Bunda khawatir. Nah, supaya  tidak semakin mengganggu benak  Bunda, pahami beragam dalil  belum timbulnya  gigi Si Kecil ketika  usianya 9 bulan, melewati  penjelasan berikut.

penyebab Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi
Waktu tumbuhnya gigi pasti  tidak sama untuk masing-masing  bayi. Ada bayi yang giginya telah  tumbuh di umur  6 bulan, ada pun  yang giginya sudah hadir  sejak lahir, atau tidak jarang  disebut natal teeth, bahkan ada pun  bayi yang giginya belum tumbuh hingga  usianya 1 tahun.

Beberapa hal  yang mengakibatkan  perbedaan masa-masa  tumbuh gigi pada bayi, tergolong  belum tumbuhnya gigi hingga  usianya 9 bulan di antaranya:

1. Faktor genetik
Faktor genetik berperan besar dalam menilai  cepat atau lambatnya perkembangan  gigi pada bayi. Jika Bunda atau anggota family  mempunyai  riwayat keterlambatan perkembangan  gigi, maka bisa jadi  besar Si Kecil pun  akan merasakan  hal demikian.

Begitu pula sebaliknya, bila   Bunda atau anggota family  mempunyai  riwayat perkembangan  gigi yang cepat, maka Si Kecil barangkali  mempunyai  risiko merasakan  hal serupa.

2. Cedera pada mulut bayi
Faktor beda  yang juga dapat  memicu terlambatnya perkembangan  gigi pada bayi 9 bulan ialah  trauma jasmani  atau cedera pada mulutnya. Cedera yang lumayan  berat pada lokasi  mulut dan wajah barangkali  akan mengganggu proses perkembangan  gigi Si Kecil.

3. Kekurangan gizi
Bayi yang kelemahan  gizi juga ingin  mengalami keterlambatan perkembangan  gigi. Tidak melulu  gigi, kelemahan  gizi pun  dapat mengganggu tidak sedikit  aspek perkembangan  dan pertumbuhan  bayi.

4. Penyakit tertentu
Dalam permasalahan  yang jarang terjadi, terlambatnya perkembangan  gigi pada bayi 9 bulan dapat diakibatkan  oleh situasi  tertentu, laksana  berat badan bayi yang terlampau  rendah, hipotiroidisme, dan anodontia.

Bagaimana Kita Tahu andai  Si Kecil Akan Tumbuh Gigi?
Sebagian orang tua mungkin kendala  untuk mengawasi  pertumbuhan gigi anaknya. Maka supaya  lebih mudah, jajaki  perhatikan sejumlah  tanda inilah  yang dapat  mengindikasikan perkembangan  gigi pada Si Kecil, seperti:

Mengeluarkan air liur (mengiler) lebih banyak.
Menggigit dagangan  yang terdapat  di sekitarnya.
Gusi membengkak.
Nafsu santap  berkurang.
Rewel di malam hari.
Demam.
Perlu diingat, tanda-tanda perkembangan  gigi yang diperlihatkan  oleh tiap bayi dapat  berbeda-beda. Bahkan pada sejumlah  kasus, bayi tidak mengindikasikan  tanda-tanda apa pun ketika  giginya inginkan  tumbuh. Ini pun  masih tergolong  normal dan tidak butuh  dikhawatirkan.

Pada dasarnya, bayi 9 bulan yang belum tumbuh gigi, lumayan  umum ditemui. Akan tetapi, andai  gigi kesatu  bayi tidak kunjung tumbuh sampai  ia menjangkau  usia 18 bulan, segera konsultasikan ke dokter untuk menggali  tahu penyebabnya.

Post a Comment

0 Comments