Search

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Memastikan bahwa keperluan  gizi ibu hamil terpenuhi dengan baik, urgen  untuk dilakukan. Di samping  bermanfaat untuk  kesehatan ibu hamil, asupan gizi yang terpenuhi dengan baik pun  mampu menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Di masyarakat, terdapat  mitos bahwa ibu hamil me sti santap  dengan porsi dua kali lebih tidak sedikit  untuk dirinya sendiri dan janin dalam kandungan. Persepsi ini sebenarnya tidak cukup  tepat. dan nutrisi sekitar  kehamilan.



Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi Ibu Hamil
Ibu hamil memang dianjurkan  untuk mengonsumsi lebih tidak sedikit  kalori, tetapi  bukan berarti me sti melipatgandakan porsi makanan yang dikonsumsinya. Hal ini sebab  makan secara berlebih sekitar  kehamilan dapat menambah  risiko eskalasi  berat badan berlebih, yang pada kesudahannya  dapat merangsang  hipertensi dan diabetes gestasional sekitar  kehamilan.

Karena dampaknya tidak dapat  disepelekan, Bumil dianjurkan  untuk konsentrasi  pada kandungan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Pastikan bahwa makanan yang dikonsumsi sehat dan mempunyai  gizi yang seimbang, serta berfungsi  dalam menyokong  kehamilan yang sehat.

Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan, laksana  sayur, buah, biji-bijian, daging, ikan, telur, susu dan produk olahan susu yang telah  dipasteurisasi. Sementara makanan yang rendah nutrisi laksana  makanan cepat saji dan makanan tinggi gula usahakan  dibatasi.

Asupan Gizi Ibu Hamil yang Direkomendasikan
Untuk menunjang kesehatan Bumil dan menyokong  tumbuh kembang janin dalam kandungan, ada sejumlah  nutrisi urgen  yang dianjurkan, di antaranya:

1. Asam folat
Selama kehamilan, Bumil dianjurkan  untuk mengonsumsi asam folat sejumlah  400-600 mcg (mikrogram) per hari. Hal ini paling  penting sebab  asam folat yang cukup dapat  mencegah bayi merasakan  cacat tabung saraf.

Di samping  dari suplemen yang disarankan  oleh dokter, ibu hamil pun  dapat melengkapi keperluan  asam folat dengan mengonsumsi pelbagai  jenis makanan, laksana  bayam, brokoli, kubis, jeruk, stroberi, roti gandum, dan ikan salmon.

2. Protein
Makanan berprotein yang dikonsumsi ibu hamil memiliki guna  besar guna  menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan. Beragam makanan berprotein yang bisa  dikonsumsi, antara beda  kacang kedelai, daging sapi, daging ayam, ikan, telur, atau susu dan produk olahannya, laksana  keju dan yoghurt.

3. Makanan berserat
Mengonsumsi makanan berserat pun  penting untuk dilaksanakan  karena di samping  tinggi bakal  kandungan nutrisi, konsumsi makanan berserat juga dapat  mencegah konstipasi dan wasir ketika  hamil.

Beberapa jenis makanan berserat yang baik dikonsumsi sekitar  kehamilan ialah  buah dan sayur, laksana  kentang, tomat, brokoli, wortel, apel, dan jeruk.

4. Makanan berkalsium
Jika Bumil hendak  pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil berlangsung  optimal, tidak boleh  lupa guna  mengonsumsi makanan berkalsium. Contoh makanan yang berisi  kalsium antara beda  susu, keju, yoghurt, tahu, brokoli, dan kacang almon.

5. Makanan berlemak
Di samping  membuatmu bertenaga, asupan lemak juga diperlukan  untuk menolong  perkembangan benak  dan saraf pusat janin. Meski begitu, pilihlah makanan berlemak yang sehat, laksana  alpukat, ikan salmon, keju, minyak zaitun, telur, dan kacang-kacangan.

Meski tidak sedikit  pilihan makanan yang dapat  mendukung tercukupinya keperluan  gizi ibu hamil, Bumil butuh  meyakinkan  bahwa porsi yang dikonsumsi tidak berlebihan. Di samping  itu, sebab  kebutuhan nutrisi tiap ibu hamil dapat  berbaeda, Bumil disarankan  untuk berkonsultasi untuk  dokter kandungan berhubungan  pola santap  yang tepat.

Post a Comment

0 Comments